2/09/2015

Chocolate

Chocolate diary,

Rasanya sayang banget kalo coklat-coklat ini nggak diabadikan.

Hot Chocolate @ Kiost
Aku beli di Warpas, tapi lupa namanya. Ini Enak
Chocolate hadiah ulang tahun dari Ovi

Nutella, cemilan malam kekekeke
Milo dingin @kantin Sehati Plesiran harganya 3000 dan enak

captured in car

 14 Oktober 2013
 7 Februari 2014
10 Oktober 2014

di ITB (2)

4 November 2013
27 November 2013
 4 November 2013
 18 November 2013
22 November 2013

2/08/2015

Tugas Akhir (TA) kampus

Akhirnya aku nulis post tentang ini, huehehehe.. Ya aku lulus tahun 2014 lalu dan akhirnya wisuda bulan Oktober.

 Di akhir-akhir, sebagian besar TA-ku coding, sebagian laginya ngukur arus, sebagian laginya ngitung, ngukur tegangan, dan lain-lain dan lain-lain dan lain-lain. 

 Apapun digunakan saat TA, nggak ada power supply board mikrokontrolpun jadi, kadang pake adaptor hengpon, kalo udah mepet-mepet biasanya pikiran bisa berimajinasi tinggi menjadikan satu solusi yang bisa sukses pada akhirnya (. . .)

 Coretan-coretan konsep udah nggak beraturan. Awalnya niatnya rapi, tapi apa daya akhirnya acak-acakan juga. Kadang diem merenung hanya menghasilkan kertas kosong, diem lama, desperate dulu, buka yutub dulu, nonton sule dulu, karoke party dulu, akhirnya merambah ke facebook-an, terus chatting mencurahkan isi hati, lama-lama keasikan, kemaleman, cape, mau mulai lagi ngantuk, akhirnya tidur, bangun-bangun udah subuh, terus kertas masih kosong, berakhir dengan Pe-nye-sa-lan (. . .)

 Kalo ngonsep di Cafe, lumayan efektif ditemani semilir angin, memasang wajah sendu menatap ke kejauhan, seakan-akan sedang dibebani oleh beban berat. Sesekali sambil menatap jalan layang dari atas balkon, meneguk satu-dua tegukan teh manis segar. Masih dalam suasana slow motion, mengamati dengan seksama kertas konsep yang telah dibuat, melirik dengan gerakan lambat seakan sedang berpikir, dan -tetttttttt- imajinasi buyar saat sadar 'deadline semakin dekat'
(. . .)

 Ngerjain di Roppan, sambil makan roti, es krim, sushi. Biasanya sambil ngonsep tergoda internetan juga, terus main-main, terus larut ketawa-ketawa, terus sadar jam pulang, ters beli roti lagi buat di bawa pulang, terus ampe rumah tergoda makan lagi, terus buka laptop internetan lagi, terus sambil buka roti sambil makan, terus nggak sadar roti abis, terus berat badan nambah, dan susah turun ampe sekarang. (. . .)

 Kerja di Lab, ya kerja di Lab. Adalakanya lelah dan males menyerang. Pengennya senderan, kalo bisa selonjoran, masih sambil ngemil dan buka-buka yutub, kekekeke.. tapi di Lab berbeda, semua tak bisa dilakukan sambil tiduran.  Awalnya cek kodingan dengan pose yang benar, lama-lama pegel pengen selonjoran akhirnya duduk dilantai. Lama-lama udah pewe males kemana-mana. Akhirnya generator sinyalnya yang diangkut dan ambil data di sana. 

 Beginilah situasinya. Duduk memang lebih nyaman daripada berdiri apalagi kala diri, hati dan perasaan sedang lelah. (. . .)

 Terlihat mode yang paling bener adalah ngerjain di perpus. AC-nya dingin, situasinya kondusif, sepi, apalagi kalo pagi-pagi banget. Kerjaan bisa selesai, kalo target udah kelar bisa menutup mata sejenak, merasakan nyamannya perpustakaan, tapi ngantuk semakin menyerang. Akhirnya balik ke lab, menuju sofa, ambil kunci, kunci dari dalem, dan tidur di sana sendiran (kejadian beberapa jam sebelum persentasi ke pak Ihsan dan sebelom digedor Ovi)

 Mode kasur. Setelah seharan kerja di kampus, sampe rumah masih ada sisa PR. Ngotak-ngatik-ngotak-ngatik, tahan nggak buka yutub. Sambil santai-santai, lama-lama nguap, kalo dipake baca sama kerja kecepatan mata buat tertutup emang lebih cepat. Lama-lama tidur (. . .)

 Yeah.... tapi dengan kerja keras! Meski banyak rintangan yang datang dari dalam diri sendiri ataupun dari luar, akhirnya aku ngeprint juga buku TA T_T 
Dengan perasaan berbunga-bunga, beban udah ringan, senyum terkembang, ditemani mahasiswa-mahasiswa lin di tepat print tapi tetap serasa dunia milih sendiri. 

 Dan akupun pake Toga!!! Yeyeyeyeye bahagia. Bahagia. Bahagia. Meski pas hari wisuda lumayan udah lemes juga, energinya kepake kan buat siapin jait kebaya dan lain-lain.

 Panca Wisuda (. . .) Biarlah termometer sendiri yang berbicara. Badan nggak bisa dibohongin, berawal dari flu, cape, akhirnya ya begitulah.. 

Tapi kan yang penting sekarang udah sehat. TA udah kelar, alhamdulillah.. udah wisuda alhamdulillah..
 Tinggal menurunkan berat badan yang udah terlanjur naik banyak! Semangat!! Olahraga!

  Kenyataannya adalah (nulis sambil ngunyah coklat chunkybar, dan berharap berat badan turun [. . .] )

2/07/2015

Bandung

Cerita di Bandung banyak banget selama 4 tahun aku tinggal sendiri di sana. Pertama kali aku nge-kos nggak ada satu orang pun yang aku kenal. Saat itu yang masuk ITB dari sekolahku ada 4 orang, 3 lainnya cowo. Temen kosan pertama yang aku kenal adalah Teh Dipa, mahasiswa S2 ITB dari Surabaya. Tempat yang ngangenin adalah kosan. Aku jarang kemana-mana. Di kosan biasanya aku maen di atapnya, liatin langitnya keren banget.
Kalo malem-malem aku naek ke atap kosan liat rembulan, haduhh aku mendadak romantis begini hehe...

Makanannya juga enak-enak di Bandung. Pemandangannya juga keren. Kalo sore-sore, ngadem, anginnya juga dingin, seger.

Kalo ngejain TA aku sih nggak betahan tinggal di kosan. Bawaannya pengen ngadem, sekalian nenangin kepala, hati, dan pikiran, hihi..

 jalan-jalan di Taman-taman Bandung asik juga. Tidak ada salahnya aku mengabadikan gambar di salah satu landmark Dago kan.

Pokonya banyak banget cerita selama di Bandung. Setelah sekian lama nggak ke Bandung (boong :D hari senin juga baru dari Bandung hehe..), tapi emang kangen banget sama suasananya.

Kuliah

Setelah lumayan lama nggak ke kampus kangen juga rasanya. Aku juga nggak percaya, aku kangen sama belajar dan bahkan sama ujiannya. 

Aku kangen minum hot chocolate kalo lagi galau di Coffee Toffee. 
 Hot Chocolate memang yang terbaik kalo lagi mikirin kehidupan hehe, 

Deadline tuh bisa lebih dari satu dalam seminggu. Nginep di Lab sama Ovi dan Ayu ngerjain tugas kelompok juga, ngerjain tugas sendiri juga. Aku masih inget waktu itu aku ada deadline tugas VLSI dan juga ujian Manajemen Proyek mata kuliah Fakultas TI.

  Nginep di Lab bareng ayu.

Matkul yang paling ngangenin adalah VLSI, Manajemen Proyek (manpro), Rangkaian Elektrik (RE), Material Teknik Elektro (matel), sama Sistem Digital (sisdig). Aku nggak langsung tertarik sama VLSI di awal-awal kuliah. Saat itu aku bahkan nggak ngerti aku ngapain sebenernya, hehe.. aku ngerjain pemodelan dan di antara kami bertiga sekelompok kayanya nggak ada yang ngerti persisnya itu apa di awal, hehe..
Saat itu aku puyeng juga, akhirnya aku mulai nyari tahu. Dibantu sama narasumber Kak Arijal, asisten dosennya. Setelah pemodelan dikerjain barengan sama Ovi selesai, aku makin tertarik lagi saat ngerjain bagian RTL-nya. Mulai dari buffer, terus diotak-atik bagian half overlap-nya, dan saat bagian aku selesai rasanya bahagia banget. Aku ngerasain perasaan ini pertama kali kayanya pas selese ngerjain proyek sisdig di tahun 2. Karena itulah aku dan FPGA punya histori yang bagus hihihi

Dulu pas belajar Dasar Rangkaian Elektrik (DRE) di tahun 1 berasa menderita banget karena aku nggak bisa-bisa. Aku udah beli macem-macem buku yang akhirnya nggak kebaca dan akhirnya aku dapet BC di akhir kuliah. Liat temen ada yang dapet A, iri juga waktu itu. Nah di tahun 2 ketemu lagi sama lanjutannya RE. Tapi percaya nggak percaya aku pede-pede aja waktu itu hehe.. Dosen RE-ku Pak Mervin, dan kita sering kuis. Nah itu malah bagus buat aku. Jadi aku belajar kan. Semangat aku belajar luar biasa lah buat RE. Walau nggak sejago yang lain yang keren-keren di kampus aku lulus dengan nilai A juga huahahahaha #bangga

Aku ngambil Matel di tahun 3, dan saat itu mata kuliah yang lain yang aku ambil mayoritas komputer, coding, operating system ngerjain round robin yang gitu-gitu. Tiap kali ujian aku belajar yang begitu semua kan, kalo buat aku puyeng juga. Nah saat itu ujian ada 2 dalam sehari, abis kelar ujian operating system, siangan dikit aku ujian matel. Rasanya aku bahagia banget (nggak lebay). Beneran rasanya kepala aku ngerefresh gitu. Ujiannya kan ngitung, banyak angkanya, bukan cuma 10 10 10 10.

 Ini pas kemagriban hujan-hujan abis kuliah manpro. Nah kalo manpro, dibanding dengan kuliah lain di elektro emang lumayan beda, jadi ada variasi. Tapi aku ada kenangan buruk, saat itu ujian manpro open book dan aku nggak bawa buku, hehe.. ya aku memang ceroboh. Menyenangkan belajar manpro.

Pernah juga udah lari-lari sekuat tenaga terus pas masuk kelas, kelasnya kosong. Rasanya hal ini udah nggak asing di benak aku. Cerita yang berasa melegenda di kisah hidup aku sendiri. Penyebab utamanya adalah aku nggak update, aku kan jarang megang hape, dan suka tidur banget. Abis ketiduran misalnya aku panik liat jam udah waktunya kelas. Lari-lari deh, eh pas masuk kelas, kelasnya kosong dong. aku cek hengpon, berniat tanya Ovi, eh nyatanya ada jarkom menyatakan emang nggak ada kelas. Seinget aku bukan sekali deh aku ngalamin ini.

Kalo diceritain semua bisa satu novel kayanya, tapi apapun kalo diinget sekarang rasanya menyenangkan punya pengalaman-pengalaman itu. Meskipun ada pengalaman paitnya juga, kalo aku harus hidup kembali rasanya aku akan milih jalan yang sama kuliah di ITB. Wah romantisnya aku dengan kampusku ya...

2/06/2015

Tanjungsari, Jawa Barat, Januari 2015

Hampir 4 tahun lebih kayanya nggak jalan-jalan di Tanjungsari. Ternyata udah banyak banget yang berubah. Gedung-gedungnya, rumah makan makin banyak, pangling banget. Tapi beberapa masih tetep sama. Jalan-jalan sore di sini, anginnya sejuk seger ke muka, sambil nunggu sunset, moment yang bikin seneng :))))))







di ITB

Kuliah di sini selama 4 tahun, banyak banget cerita. Ada suka ada juga duka. Seneng, sedih, haru, macem-macem. Ada banyak hal yang ngangenin.
22 November 2013
5 Agustus 2014
5 Agustus 2014
10 September 2014
27 September 2013

9/23/2014

Jadwal Pertandingan Bulutangkis Februari - April 2015

Playlist ampe bulan April 2015! Dont miss it! kategori superseries, superseries premier, gpg, gp, multisport.

1. 12-15 Feb : European Mixed Team Championship Final (CC Team Championship)

2. 24 Feb - 1 Maret : German Open 2015 (Grand Prix Gold)

3. 3 - 8 Maret : All England Open 2015 (superseries primier)

4. 10-15 Maret : Swiss Open 2015 (Grand Prix Gold)

5. 24 - 29 Maret : India Open 2015 (Superseries)

6. 31 Maret - 5 April : Malaysia Open 2015 (Superseries premier)

7. 7 - 12 April : Singapore Open 2015 (Superseries)

8. 14 - 19 April : China Master 2015 (Grand Prix Gold)

9. 21-26 April : Badminton Asia Championship 2015 (Continental Championship)

10. 28 April - 3 May : New Zealand Open 2015 (Grand Prix Gold)

9/14/2014

Suka duka random sendiri

Ada banyak yang nanya kenapa aku suka random dan sendirian. Paling nggak hari kemaren ada 2 orang yang heran dan bilang "kok bisa". Aku juga nggak tahu sebenernya kenapa bisa, tapi ya bisaaaaa

Random sendiri aku definisikan sebagai pergi ke suatu tempat yang membuat nyaman dan hati senang tanpa alasan yang diketahui dengan jelas pokonya pengen pergi. Tapi akhir-akhir ini aku mendefinisikan sendiri bahwa random itu adalah pergi ke suatu tempat yang bukan ke kampus hehe..

Aku mau bahas kemana aja biasanya aku random.

1. Random sendiri nggak menyendiri juga kok! Jalan ke mall adalah random paling umum.

Apa yang dilakukan di sana??? Belanja tentu saja dan jalan-jalan aja liat-liat.

Ciwalk, Bandung.

2. Cafe, tempat makan, restoran dll sejenisnya.
Cari yang ada WIFI, tapi kalo nggak ada juga aku mah santai. Aku bisa berjam-jam diem di Cafe dan sendirian. Paling sering aku random di Cafe. Ini enak banget buat mikir, nyusun jadwal, kerja juga bisa, ngerjain tugas kuliah mah aku jarang (lebih enak di kosan buat aku).

Tempat makan yang ada di mall juga nggak apa-apa. Kalo aku lebih sering datang di hari kerja kalo ke tempat makan yang di mall.

Beberapa yang sering aku datengin,

Roppan Ciwalk.
Random maen skype sama Ovi

Tempatnya enak banget. Ada WIFI, bisa iseng skype-an. Nggak bising, buat kerja, mikir, dll nyaman. Makanannya juga enak, aku suka. Aku biasanya beli eskrim sama roti-roti buat dibawa pulang juga. Yang paling enak tiramisu :)

Moby Cafe, Jatinangor.
Ke sini kalo lagi di rumah aja. Tempatnya enak banget buat mikir, aku bisa beneran berjam-jam di sini. Ada WIFI juga.

Food Court, Baltos Bandung
Ada satu tempat yang paling aku suka banget, di sini lah. Sampai post ini ditulis nggak ada WIFI dan colokan di sini, tapi nggak masalah sih buat aku. Di sini sekalian makan berat biasanya aku.

Warpas, deket ITB. Kalo lagi puyeng balik kuliah biasanya ke sini dulu. Sekalian makan soalnya, sambil diem mengenang kehidupan (misal kalo nilai jelek atau deadline bentrok sama ujian).

3. Jalan-jalan cantik di manapun
Udah jarang sejak TA, bahkan sejak tengah tahun 2013 udah jarang banget. Ini jaman-jaman lupa aku juga pas udah kuliah yang jelas.
Ke Taman-taman Bandung (nggak pernah lama cuma lewat sambil foto), jalan-jalan di dago (sekalian liat-liat FO), Jalan-jalan di sekitaran Bandung aja sih sebenernya, lupa juga udah kemana aja, yang jelas kalo jalan begini nggak pernah lama. Niatnya cari angin aja, sama liat sekitar lah istilahnya hehe foto-foto aja.

4. Karoke, main di timezone dan sebangsanya, 
Karoke sendiri kalo lagi galauuuu banget aja sih. Agak-agak aneh kadang aku kalo udah setengah jam di dalem sendiri dan teriak-teriak nyanyi. Kalo ada kesel-kesel cantik saat kuliah biasanya aku nyanyi-nyanyi sendiri, atau lagi galau-galau yang lain.

Kalo ke timezone, ini kalo lagi punya enegri berlebih daripada marah-marah kan ya? di Jatinangor biasanya aku berandom ria. Main macem-macem, berasa punya dunia sendiri kalo udah maen di tempat begini hahaha mukul-mukul buaya dari plastik keras aja rela dilakuin ampe tangan sakit -___-


Suka-dukanya apah?

Sukanya :
- Milih tempat sendiri
- menenangkan pikiran, dan melakukan kegiatan apapun lebih santai sih, karena sering diem, semacam me time.
- Mau berapa lamapun terserah kita, makannya lama nggak masalah, nggak akan ada yang minta pulang atau go to other place.
- Ya selera juga, kalo aku lebih suka mikir sendiri. Semacam itulah teman-temin.

Dukanya :
- Kalo waktu solat harus gone dulu atau sekalian pulang, karena g ada yang jagain tas dan barang bawaan kan ya buat ke musola dulu -__- Bisa solat dulu trus balik lagi.
- nggak ada yang motoin, tapi masih bisa selfie sih.
- kalo bingung milih makanan harus call a friends paling -_-