5/07/2012

Pemain Ganda Wanita Bulutangkis Terbaik Dunia


Post ini dibuat berdasarkan pengetahuan terbatas penulis di bidang bulutangkis, kalo ada yang salah silakan dikoreksi. Yang akan dibahas adalah pemain ganda terbaik di era tahun 2000-2010-an. Selamat membaca :).

Dari kiri atas sampai kanan bawah : Gao Ling ( saat meraih emas Olimpiade 2004 XD), Zhang Jiewen dan Yang Wei ( saat meraih emas Olimpiade 2004 WD), Lee Hyo Jung ( saat meraih emas Olimpiade 2008 XD), Liliyana Natsir ( saat meraih emas All England 2012 XD).

Nama-nama seperti Gao Ling, Lee Hyo Jung, Huang Sui, Zhang Jiewen, Yang Wei, seperti tidak asing terdengar di kalangan BL di tahun 2000-an sampai 2010-an. Mereka adalah beberapa pemain ganda terbaik di dunia. Prestasi mereka di mana-mana. Di Olympiade, kejuaraan dunia, All England, super series, GP Gold, ataupu tingkat grand prix, beberapa dari mereka sudah merasakan bahagianya berdiri di atas podium tertinggi. Di antara mereka yang sekarang sudah pensiun, ada pemain muda berbakat dari Indonesia yang menjadi rival yang kuat yang mulai menunjukan gaungnya di sekitaran tahun 2004-2005-an sampai sekarang yaitu Liliyana Natsir. 

Pertama akan saya bahas tentang Gao Ling dari China. Gao Ling adalah salah satu pemain bulutangkis favorit saya sejak kecil. Prestasi Gao Ling tidak usah diragukan lagi, dia berhasil meraih 2 emas (tahun 2000 dan 2004) di oliympiade dari sektor ganda campuran saat berpasangan dengan Zhang Jun, 1 perak (tahun 2004) dari ganda putri saat berpasangan dengan Huang Sui, dan 1 perunggu (tahun 2000) dari ganda putri saat berpasangan dengan Qin Yiyuan. Luar biasanya Gao Ling, dia juga pernah meraih 2 emas sekaligus dari Asian Games di tahun dari ganda putri dan ganda campuran di tahun 2006 dan 1 perak di tahun 2002 dari sektor ganda putri. Saat itu, Gao Ling berpasangan dengan Huang Sui (Ganda Putri) dan Zheng Bo (Ganda Campuran). Belum cukup prestasinya sampai di situ, Gao Ling juga sudah mengumpulkan 11 Emas dari All England, yaitu 5 dari ganda campuran dan 6 dari ganda putri. Dari kejuaraan dunia Gao Ling mengumpulkan 4 Emas dan 4 perak. Emas yang diperoleh adalah 3 dari ganda putri dan 1 dari ganda campuran. Perak yang diperoleh adalah 2 dari ganda putri dan 2 dari ganda campuran. Gao Ling juga sudah mengoleksi sekitar 40-an medali Emas dari super series (termasuk All England) jika saya tidak salah hitung :D dan lebih dari 10-an emas dari GP juga GP Gold.
Gao Ling (2 Foto di bawah adalah saat Gao Ling meraih emas di Olimpiade tahun 2004 dan 2000)

Yang tidak kalah hebatnya yaitu Lee Hyo Jung dari Korea. Lee Hyo Jung sama seperti Gao Ling adalah pemain ganda putri dan ganda campuran. Lee Hyo Jung yang menjuarai Emas Olimpiade Bejing 2008 dari ganda campuran ini juga berhasil mengkomplitkan pencapaiannya dengan meraih emas di Asian Games 2010. Jika dilihat dari sejarah pencapaian ini sama dengan Kido/Hendra dari Indonesia yang mendapatkan emas di Olimpiade 2008 dan Asian Games 2010. Hanya saja Lee Hyo Jung meraih kedua gelar itu dengan pasangan yang berbeda. Sama dengan pencapaian Gao Ling di tahun 2004 saat Olimpiade, selain mendapatkan emas dari ganda campuran, Lee Hyo Jung juga memperoleh perak dari ganda putri di Olimpiade Bejing 2008. Lee Hyo Jung juga meraih banyak emas di kejuaraan-kejuaraan bulutangkis lainnya di kategori super series ataupun GP Gold, namun sayangnya Lee Hyo Jung belum sempat merasakan berdiri di podium tertinggi kejuaraan dunia. Pencapaian terbaiknya adalah mendapatkan 2 perunggu di tahun 2005 dan 2009. Kisah ini mengingatkan kita pada Lee Chong Wei yang juga belum pernah mendapakan gelar di kejuaraan dunia. Terakhir di tahun 2011, langkah Lee Chong Wei terjegal di Final oleh Lin Dan.
Lee Hyo Jung (2 Foto di bawah adalah saat Lee Hyo Jung meraih emas Asian games 2010 dan emas Olimpiade Bejing 2008)

Yang ketiga yang akan dibahas adalah pasangan Zhang Jiewen dan Yang Wei dari China. Entah berapa kali pasangan ini bertemu dengan pasangan Gao Ling dan Huiang Sui di Final. Mereka seakan berbagi gelar di berbagai kejuaraan kelas dunia. Di Olimpiade Athena 2004 mereka juaranya, namun di Asian Games 2006 Gao Ling/Huang Sui bisa membalas kekalahan mereka di Athena. Mereka juga tidak kalah merajai kejuaraan super series di era mereka, namun gelar All England belum sempat mereka rasakan. kebanyakan mereka terjegal Gao Ling dan Huang Sui di Final. Jelasnya bisa dilihat di sini. Jika di All England Gao Ling/Huang Sui yang mendominasi di Kejuaraan dunia mereka berhasil meraih 2 emas di tahun 2007 dan 2005 berbeda 1 emas dari yang diperoleh Gao Ling/Huang Sui dengan 3 emas.
Zhang Jiewen dan Yang Wei

Yang keempat, adalah pemain kebanggaan Indonesia Liliyana Natsir, pemain yang paling muda dibandingkan dengan empat pemain yang sudah dibahas di atas. Walaupun muda, Liliyana tidak kalah berprestasinya. Dia juga pernah menjegal Gao Ling menjuarai kejuaraan dunia di tahun 2007. Liliyana Natsir berhasil mendapatkan 2 emas di kejuaraan dunia di tahun 2005 dan 2007. Liliyana juga sudah mengoleksi banyak medali emas dari kejuaraan super series, GP Gold, ataupun GP. Tahun 2008, Liliyana berhasil memperoleh perak di olimpiade, langkah Liliyana terjegal pasangan Lee Hyo Jung/Lee Yong Dae di Final. Walaupun begitu Liliyana masih berkesempatan mendapatkan emas ditahun ini.
Liliyana Natsir (2 foto di bawah adalah saat Liliyana meraih emas kejuaraan dunia 2007 dan 2005)

Selain mereka yang di sebutkn di atas, di era 2000-2010-an juga dikenal nama-nama hebat lainya seperti Zhang Yawen (China), Zhao Tingting (China), Kamila Rytter Juhl (Denmark), Gail Emms (Inggris), Lee  Kyung Won (Korea), ataupun Wei Yili (China).
Lihat juga artikel tentang salah satu pemain ganda terbaik dunia, Gao Ling, di sini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar